Powered By Blogger

Rabu, 29 Februari 2012

PENILAIAN K.D. 3.3 TENTANG HIDROSFER (Desain Penilaian Pembelajaran)

Desain penilaian pembelajaran untuk Kompetensi Dasar (KD) 3.3: menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka Bumi ini merupakan posting terakhir untuk desain penilaian pembelajaran Geografi kelas X (sepuluh) semester 2 (dua) ini. Desain penilaian pembelajaran materi hidrosfer ini menggunakan jenis tagihan tes tertulis dengan bentuk tagihan soal uraian berstruktur. Jumlah soalnya sebanyak 30butir. Desain penilain pembelajaran ini juga untuk dituliskan pada RPP dan bisa digunakan untuk soal ulangan harian, UTS, maupun UKK. Isi selengkapnya dapat dilihat dengan mengklik:
Unduh

PENILAIAN K.D. 3.2 TENTANG ATMOSFER (Desain Penilaian Pembelajaran)

Desain penilaian pembelajaran ini untuk Kompetensi Dasar (KD) 3.2: menganalisis atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka Bumi. Sebagaimana dua posting sebelumnya, desain ini untuk dituliskan pada RPP yang selanjutnya bisa digunakan untuk perangkat ulangan harian. Di samping itu juga dikembangkan untuk penilaian dalam UTS dan UKK. Jenis tagihan dalam materi atmosfer ini adalah penilaian tertulis dengan bentuk tagihan berupa soal obyektif--pilihan ganda. Jumlah soalnya sebanyak 20butir soal. Selebihnya silahkan klik:
Unduh

Selasa, 28 Februari 2012

PENILAIAN K.D. 3.1 TENTANG PEDOSFER (Desain Penilaian Pembelajaran)

Desain penilaian pembelajaran untuk materi pedosfer ini menggunakan jenis tagihan tes tertulis  dengan bentuk tagihan soal obyektif--pilihan ganda dengan lima pilihan sebanyak 15butir soal dan soal uraian berstruktur sebanyak 1 (satu) butir soal. Posting ini juga digunakan untuk pengimbasan dalam program tindak lanjut Diklat Geografi tingkat dasar yang diselenggarakan P4TK dengan penyusun, di samping yg dilakukan kepada para guru pada forum MGMP Geografi SMA tingkat kabupaten. Isi selengkapnya silahkan klik:
Unduh

PENILAIAN K.D. 3.1 TENTANG LITHOSFER (Desain Penilaian Pembelajaran)

Penilain merupakan rangkaian kegiatan dalam proses pembelajaran. Penyusunan penilaian ini sendiri merupakan  perwujudan dari pelaksanaan silabus pembelajaran. Dengan demikian dalam mendesain penilaian kita harus mengacu pada standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator. Di samping itu juga harus memperhatikan pula tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada RPP. Hal ini agar terjadi kesesuaian antara tujuan pembelajaran dengan butir soal yang dibuat. Dalam kolom penilaian pada silabus dijelaskan tentang jenis tagihan dan bentuk tagihan. Jenis tagihan yang ada dalam sistem penilaian ada berbagai macam. Untuk mewujudkan itu maka perlu adanya desain penilaian. Penilaian yang dikembangkan di sini berjenis tagihan tes tertulis dengan bentuk tagihan berupa soal uraian. Desain penilaian itu sendiri kemudian dapat dituliskan pada RPP dan dapat dilaksanakan pada kegiatan ulangan harian, juga pada ulangan tengah semester (UTS) maupun ulangan akhir semester (UAS) atau ulangan kenaikan kelas (UKK). Hanya pada UTS maupun UAS/UKK dapat dimodifikasi menjadi soal obyektif bentuk pilihan ganda atau sebaliknya.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya materi lithosfer pada kompetensi dasar 3.1 itu menjadi satu paket dengan pedosfer. Namun karena panjangnya materi-materi tersebut dan masing-masing materi memiliki karakteristik yang khas, maka untuk penilaian (juga dalam RPP), maka keduanya dibuat terpisah. Selengkapnya silahkan klik:
Unduh

*) Catatan:
Posting ini juga merupakan wujud lain dari upaya pengimbasan dalam rangka program tindak lanjut Diklat Geografi yang disepakati penyusun dengan P4TK, di samping dilaksanakan dalam forum MGMP Geografi tingkat kabupaten.

GEOMORFOLOGI (Makalah Diklat Geografi SMA Tk. Dasar di P4TK 2011)

Makalah yang berjudul "Geomorfolofi" ini juga disampaikan oleh Dr. Sudarno Herlambang pada Diklat Geografi SMA Tingkat Dasar yang diselenggarakan oleh P4TK IPS dan PKn Malang di mBatu, September 2011 lalu. Materi yang disampaikan pada guru Geografi sebanyak 50orang dari berbagai daerah di Indonesia ini membahas tentang konsep dasar Geomorfologi, struktur dan stadia, proses dan gaya;  bentuk lahan asal proses struktural, asal proses vulkanik,  asal proses denudasional, asal proses fluvial, asal proses solusional, asal proses marin, asal proses eolian, dan asal proses glasial. Posting materi Geomorfologi dan juga Geologi pada posting sebelumnya merupakan upaya melaksanakan pengimbasan pada program tindak lanjut yang disepakati antara pihak P4TK dengan peserta. Isi selengkapnya dapat disimak dengan mengklik:
Unduh

GEOLOGI (Makalah Diklat Geografi Tk. Dasar P4TK, 2011)

Materi ini merupakan merupakan bagian dari materi Diklat Geografi yang disajikan oleh Dr. Sudarno Herlambang, dosen Geologi Universitas Negeri Malang pada September 2011 lalu. Makalah ini hanya memuat garis besar dari paparan beliau tentang Geologi. Garis besar materi yang disajikan meliputi pengertian, cabang-cabang, dan istilah-istilah yang berkaitan dengan Geologi. Di samping itu disajikan pula asal mula Bumi, materi Bumi, batuan,  dan proses geologi. Isi selengkapnya dapat dicermati dengan mengklik:
Unduh

Minggu, 26 Februari 2012

SOAL UAS GEOGRAFI KELAS X SMA Kab. MALANG TaPel 2011/2012

Soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Geografi Kelas X (sepuluh) SMA Kabupaten Malang Tahun Pembelajaran (TaPel) 2011/2012 ini disusun oleh Drs. Achmad Mudzakir dari SMA Negeri 1 Singosari dengan beberapa revisi. Bahan yang masuk dalam UAS ini berkaitan dengan:
- Standar kompetensi 1: memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek Geografi. Standar kompetensi
   ini  meliputi kompetensi dasar:
   1.1 Menjelaskan konsep dasar Geografi.
   1.2 Menjelaskan pendekatan Geografi.
   1.3 Menjelaskan prinsip Geografi.
   1.4 Mendeskripsikan aspek Geografi.
- Standar kompetensi 2: Memahami sejarah pembentukan Bumi. Kompetensi dasar yang termasuk pada
   standar kompetensi ini mencakup:
   2.1 Menjelaskan sejarah pembentukan Bumi.
   2.2 Mendeskripsikan Tatasurya dan Jagadraya.
Isi soal yang diulangankan pada Senin, 12 Desember 2011 lalu dapat diunduh dengan mengklik:
Unduh