Powered By Blogger

Selasa, 23 November 2010

PENDALAMAN MATERI SIAP UN SKL 2.6 KEANEKARAGAMAN FLORA DAN FAUNA

Dua puluh dua hari sudah saya tak menengok dan mengisi blog kesayangan ini. Hal ini terjadi karena kesibukan saya di tempat tugas, di samping lantaran saya agak kecewa karena ada satu folder besar dan beberapa folder lainnya, serta banyak file musnah kena virus. Syukurnya folder yang berisi kumpulan soal pendalaman materi persiapan Ujian Nasional yang ditulis untuk siswa SMA/MA Kabupaten Malang masih ada. Kumpulan soal pendalaman materi yang dimaksud adalah untuk matapelajaran Geografi. Penyusun utamanya adalah saya sendiri dan seorang rekan dari SMAN 1 Tumpang, Dra. Dwi Wijayanti.

Soal pendalaman materi yang saya susun antara lain:
1. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) 1:
Menganalisis hakikat, obyek, ruang lingkup, prinsip, konsep, aspek, dan pendekatan Geografi.
(Soal pendalaman materi SKL ini sudah saya posting-kan pada blog ini).
2. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) 2:
Menganalisis dinamika unsur-unsur geosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.
Kemampuan yang Diuji (KyU):
1. Mendeskripsikan proses perkembangan Bumi.
(Soal pendalaman materi pada SKL dan KyU ini juga sudah di-posting-kan pada blog ini).
2. Menganalisis fenomena yang terjadi pada lithosfer serta kaitannya dengan kehidupan
manusia.
(Soal pendalaman materi khusus sekolah saya, juga sudah di-posting-kan pada blog ini).
3. Menganalisis fenomena yang terjadi pada pedosfer serta kaitannya dengan kehidupan
manusia.
(Soal pendalaman materi sudah di-posting-kan pada blog ini).
6. Mendeskripsikan keaneka-ragaman flora dan fauna di muka Bumi sebagai potensi
pendukung kehidupan.
(Soal pendalaman materi ini di-posting-kan pada kesempatan ini).
3. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) 3:
Menganalisis dinamika unsur-unsur sosial dalam kehidupan sehari-hari:
Kemampuan yang Diuji (KyU):
2. Mendeskripsikan potensi industri sebagai pendukung kehidupan manusia.
4. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) 5:
Memahami pemanfaatan citra dan SIG sebagai media informasi fenomena geosfer:
Kemampuan yang Diuji (KyU):
1. Menginterpretasi Penginderaan Jauh sebagai sumber informasi fenomena geosfer.
2. Mendeskripsikan Sistem Informasi Geografi sebagai media informasi fenomena geosfer.
5. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) 6:
Menjelaskan perkembangan wilayah.
Kemampuan yang Diuji (KyU):
1. Menjelaskan pola keruangan dan interaksi desa--desa, desa--kota, dan kota--kota.
2. Mendeskripsikan karakteristik suatu wilayah sebagai pusat pertumbuhan di negara
berkembang dan di negara maju.

Semua SKL dengan KyU yang penyusun utamanya saya dan belum saya posting-kan akan saya posting-kan berturut-turut sesudah posting SKL 2 KyU 6. Sedangkan materi soal yang di luar tersebut di atas, yakni SKL 2 KyU 2, 4, 5; SKL 3 KyU 1; dan SKL 4 dengan penyusun utamanya Dra. Dwi Wijayanti akan saya posting-kan ke blog Geoo Malang.

Berikutnya untuk mencermati materi soal pendalaman materi siap Ujian Nasional Geografi pada SKL 2 KyU 6 tentang Flora dan Fauna dapat diunduh dengan mengklik:

Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar