Powered By Blogger

Rabu, 30 Maret 2011

MINERAL KUARSA (SiO2)

Kuarsa (SiO2) tergolong dalam kelompok mineral silikat. Ciri-ciri mineral ini sebagai berikut: sistem kristal heksagonal; kekerasan 7; berat jenis 2,65; warna bening atau putih; gores/cerat putih; kilap kaca (vitreous); dan belahan tidak ada. Mineral Kuarsa (quartz) ini di alam ditemukan di dalam batuan beku dan batuan metamorf, terutama dalam pegmatit granit. Kuarsa merupakan mineral paling umum ditemukan dalam mineral gang dari urat-urat hidrothermal. Mineral tersebut juga ditemukan dalam bentuk pasir kuarsa lantaran terjadi pelapukan pada batuan beku ataupun metamorf.

Persebaran mineral kuarsa di Indonesia ditemukan di Bandaaceh (provinsi Nanggroe Aceh Darussalam), sungai Asahan dan Kisaran (Provinsi Sumatera Utara), Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Bengkulu, Provinsi Lampung, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, mBeji--Surakarta (Provinsi Jawa Tengah), Tuban dan sepanjang pantai utara Jawa Timur, Bangkalan (Provinsi Jawa Timur), Martapura (Provinsi Kalimantan Selatan), dan Provinsi Kalimantan Timur.

Kegunaan mineral kuarsa dalam kehidupan sehari-hari: untuk alat optik, batu asah (gerinda), dan kaca. Bila berbentuk pasir, kuarsa digunakan untuk sandpaper, sandblasting, refractories, fluxs dalam proses metalurgi, industri kimia, industri cat, bahan pengisi, industri keramik (kaca dan gelas), decorative material, insulation, stuctural materials, bahan bangunan dalam tongkat rod work and blocks digunakan dalam tube mills (pabrik pipa), industri semen, elektronik, dan arloji.

Posting tersebut di atas berkaitan dengan matapelajaran Geografi SMA yang diberikan di kelas XI.IPS dengan Standar Kompetensi: 2. Memahami sumberdaya alam, Kompetensi Dasar: Mengidentifikasi jenis-jenis sumberdaya alam, dengan Materi Pembelajaran: Potensi sumberdaya alam, submateri: - sumberdaya alam mineral. Di samping itu berkaitan pula dengan Materi Pembelajaran: Lithosfer yang diberikan untuk kelas X semester 2 dan materi dengan judul yang sama pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Kebumian.

Sumber:
- Direktoral Pertambangan Departemen Pertambangan. 1969. Bahan Galian Indonesia. Jakarta:
Departemen Pertambangan.

- Setia Graha, Doddy. 1987. Batuan dan Mineral. Bandung: Nova.
- Laboratorium Geografi Universitas Negeri Malang. Tanpa Tahun. Contoh Batuan dan Mineral. Malang: Laboratorium Geografi Universitas Negeri Malang.
- Susilo, Adi. 2011. Presentasi tentang Batuan dan Mineral. Malang: Universitas Brawijaja, Tidak Diterbitkan.

Keterangan foto:
Dokumentasi pribadi dengan obyek:
- Foto atas: mineral kuarsa koleksi Adi Susilo, P.Hd.
- Foto bawah: mineral kuarsa pada paket kiriman mineral dari Kementerian Pendidikan Nasional.

2 komentar:

  1. http://doktertoeloes blogspot.com/2011/10/bersama
    teman sejawat Fak.Kedokteran Unibraw angk'1977 -
    beserta Dosen/Dekan-Pemb.Dekan I(FKUB1977).html
    ........SALAM HYPPOCRATES CERDAS !!!.........

    temen-temen SMAN 4 Surabaya (lulus 1976)diseluruh
    dunia,aku (doktertoeloes) sangat bangga pada kali-
    an semua. rapatkan barisan dan konsolidasikan.
    .......................................

    BalasHapus
  2. Anda pencinta permainan Poker?
    Mau bonus Rollingan setiap hari?

    Ayo join bersama kami di POKERVITA

    GRATIS kawan

    Info hub
    WA:0812 2222 996

    BalasHapus