Powered By Blogger

Senin, 07 Juni 2010

KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN KENAIKAN KELAS (UKK) MATAPELAJARAN GEOGRAFI SMA KABUPATEN MALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010 KELAS XI.IPS

Kisi-kisi penulisan soal merupakan perangkat untuk menyusun/merakit soal ulangan/ujian. Dalam kisi-kisi penulisan soal ini mencantumkan unsur-unsur satuan pendidikan, matapelajaran, bentuk soal, waktu, semester, tahun pembelajaran, dan jumlah soal pada lembar atas sebagai identitas. Kemudian pada tabel kisi-kisi soal berisi sebelas kolom, antara lain berisi nomor, kelas/semester, kompetensi dasar, nomor Standar Kompetensi Lulusan (SKL) kalau ada, indikator soal, butir soal, kunci jawaban, nomor soal, ranah soal, tingkat kesulitan soal, dan skor soal. Salah satu kelebihan kisi-kisi penulisan soal ini adalah pencantuman butir soal. Tidak banyak penyusun/perakit soal menyertakan butir soal ke dalam kisi-kisi soal.

Adapun yang dimaksud dalam kisi-kisi penulisan soal ini adalah kisi-kisi penulisan soal Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) matapelajaran Geografi untuk siswa SMA Kabupaten Malang Tahun Pembelajaran 2009/2010, kelas XI.IPS. Sedangkan acuan yang digunakan untuk menyusun kisi-kisi penulisan soal ini adalah silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 pada Standar kompetensi: 2. Memahami sumberdaya alam dan Standar kompetensi : 3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup. Standar kompetensi: 2. Memahami sumberdaya alam ini terdiri dari 3 (tiga) kompetensi dasar, yaitu Kompetensi dasar: 2.1 Menjelaskan pengertian sumberdaya alam, 2.2 Mengidentifikasi jenis-jenis sumberdaya alam, dan 2.3 Menjelaskan pemanfaatan sumberdaya alam secara arif. Sedangkan pada Standar kompetensi: 3. menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup yang terdiri dari 2 (dua) kompetensi dasar. Kompetensi dasar yang dimaksud adalah Kompetensi dasar: 3.1 mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan dan Kompetenpetensi 3.2 Menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan. Uraian selengkapnya silahkan mengunduhnya dengan meng-klik:

Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar