Powered By Blogger

Minggu, 17 Oktober 2010

SILABUS OSN ASTRONOMI

Astronomi merupakan salah satu bagian dari Olimpiade Sains Nasional (OSN). Walaupun demikian bidang ini biasanya tidak diajarkan khusus menjadi pelajaran mandiri dalam kegiatan intrakurikuler di sekolah-sekolah. Hal ini disebabkan tidak dicantumkannya bidang pelajaran ini dalam lima kelompok pelajaran yang ada dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Sebagai gantinya, pelajaran ini biasanya hanya diberikan dalam kegiatan esktrakurikuler. Pelaksanaan pembelajaran Astronomi itu sendiri terutama hanya difokuskan untuk menghadapi penyelenggaraan Olimpiade Sains, baik di tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. Biasanya pelajaran ini diberikan atau diajarkan oleh guru Geografi dan/atau guru Fisika.

Mengingat hal tersebut di atas, maka pada Training of Trainer (ToT) Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, pada 22--24 Agustus 2010 lalu merekomendasikan Astronomi, juga Kebumian untuk dijadikan matapelajaran muatan lokal.

Berkaitan dengan pelaksanaan OSN tersebut, maka dalam posting-an ini saya sajikan silabus dan contoh soal OSN Astronomi 2008. Bahan-bahan tersebut diperoleh pada saat penyelengaraan ToT OSN yang diselenggarakan di Kota mBatu. Adapun isi dari silabus dan soal OSN tersebut dapat dicermati dengan meng-klik:

Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar