Powered By Blogger

Jumat, 17 Februari 2012

GUNUNG BUTAK--KAWI DAN KELUD

Gunung Butak (2.868m) dan gunung Kawi (2.681m) merupakan kelompok gunung berapi yang berada di sebelah barat Kabupaten Malang. Kelompok gunung tersebut merupakan batas alam antara Kabupaten Malang dengan Kabupaten mBlitar dengan bagian terluasnya masuk Kabupaten Malang. Kecamatan-kecamatan yang berada pada kompleks gunung tersebut antara lain Kecamatan Ngajum dan Wonosari di lereng selatan, Kecamatan Paksaji di lereng tenggara, Kecamatan Wagir di lereng Timur, Kecamatan nDau di lereng timur laut, dan Kecamatan Pujon di lereng utara. Nampak pada gambar, kedua gunung tersebut seolah-olah hanya ada satu gunung. Namun ternyata gunung tersebut memiliki dua puncak gunung dengan nama yang berbeda. Menurut I Made Sandy (1982:29) bahwa puncak bagian selatan (nampak pada gambar di sebelah kiri) adalah gunung Butak, sedang puncak bagian utara agak ke arah barat laut (nampak pada gambar di sebelah kanan) adalah gunung Kawi. Sampai saat ini, kedua gunung tersebut termasuk jenis gunung api istirahat karena tidak menunjukkan gejala-gejala aktifitas vulkanisme, berbeda dengan gunung Kelud yang ada di sebelah baratnya. Kali Metro, Lekso, Bambang, dan Konto yang merupakan anak-anak sungai dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas berhulu di gunung Butak--Kawi tersebut.
Kelompok gunung Butak--Kawi, juga gunung Kelud yang ada di sebelah baratnya menurut R.W. Van Bemmelen (1948:571), "Gunung Butak, Kawi, dan Kelud adalah kelompok gunung berapi dengan struktur muda, terutama terbentuk pada masa Holosen, menutupi struktur vulkanik yang lebih tua (masa Plistosen atas), mengubur juga sebagian terbing curam pegunungan selatan".

Keterangan gambar:

  • Gambar atas: Kompleks gunung Butak--Kawi dari tepian waduk Karangkates (selatan gunung Butak--Kawi).
  • Gambar bawah: Gunung Kelud yang morfologinya tidak pernah berbentuk kerucut sempurna dari tepian waduk Karangkates (tenggara gunung Kelud).


Sumber:
1. Sandy, I Made. 1982. Atlas Indonesia. Jakarta: Dasawarna.
2. Van Bemmelen, R.W. 1948. The Geology of Indonesia vol. IA General Geology of Indonesia and Adjacent Archipelagoes. Batavia: 1948.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar