Powered By Blogger

Selasa, 21 Februari 2012

KARAKTERISTIK PENDEKATAN SPASIAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SEKOLAH (Paper Purwanto)

Pendekatan spasial dalam Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus Mata Pelajaran Geografi yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) dan Departemen Pendidikan Nasional (2006:11) bahwa materi pembelajaran metode/pendekatan Geografi meliputi metode/pendekatan keruangan (spatial approach), pendekatan kewilayahan, dan pendekatan ekologi (ecological approach). Dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah, khususnya di SMA masih banyak guru yang menghadapi kendala dalam menyampaikan materi pembelajaran tersebut. Tidak mengherankan apabila capaian hasil Ujian Nasional (UN) Geografi pada materi ini secara nasional masih sekitar 39%.

Berdasarkan hal tersebut, maka 'nuansa masel' memberanikan diri untuk mem-posting-kan materi yang berjudul di atas dengan harapan paradikma dan hasil pembelajaran Geografi di SMA khususnya dapat meningkat secara signifikan. Perlu diketahui bahwa materi dengan judul tersebut di atas diperoleh ketika mengikuti seminar nasional "Aplikasi Pendekatan Spasial dalam Pendidikan Geografi" yang diselenggarakan oleh jurusan Geografi Universitas Negeri Malang (UM) di aula FMIPA pada 18 Desember lalu. Sedang paper dengan judul tersebut disusun oleh Purwanto, seorang pengajar di jurusan Geografi UM. Isi selengkapnya dapat diunduh dengan mengklik:
Unduh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar