Minggu, 07 Maret 2010

Lokasi Industri Penyulingan Minyak Mentah (menjawab pertanyaan pak Wijiono--SMAN 1mBantur)

Deskripsi di bawah ini merupakan jawaban dari pertanyaan pak Wijiono, guru Geografi SMA Negeri 1 mBantur tentang soal Try Out Ujian Nasional Ke-2 Tahun Pembelajaran 2009/2010 SMA Kabupaten Malang matapelajaran Geografi nomor 27. Isi soal nomor 27 tersebut selengkapnya adalah:
Industri penyulingan minyak mentah idealnya terletak pada.....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Penulisan soal tersebut berdasar pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) 3. Menganalisis dinamika unsur-unsur sosial dalam kehidupan sehari-hari; Kemampuan yang diuji: Mendeskripsikan potensi industri sebagai pendukung kehidupan manusia; Materi: Menentukan lokasi industri atas dasar bahan baku, pasar, biaya angkut, tenaga kerja, modal, teknologi, peraturan, dan lingkungan; Kegiatan pembelajaran: Secara individu mengklasifikasi industri berdasarkan kriteria tertentu dari berbagai referensi; Himbauan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Bagian Sekolah Menengah (Seklamen) dan Musyawarah Kepala-kepala Sekolah (MKKS) SMA Negeri Kabupaten Malang kepada guru-guru yang ditunjuk untuk menyusun soal Try Out Ujian Nasional Tahun Pembelajaran 2009/2010 SMA Kabupaten Malang (soal untuk SMA Negeri dan Swasta) mirip soal-soal Ujian Nasional.

Indikator soal tersebut adalah: dengan disajikan denah (gambar) daerah-daerah yang berpotensi untuk dijadikan lokasi industri (unit usahanya), siswa dapat menegaskan lokasi ideal untuk penempatan industri penyulingan minyak mentah. Kalau soal Ujian Nasional Geografi Tahun Pembelajaran 2008/2009 lalu yang keluar untuk penentuan lokasi industri ini adalah untuk industri gerabah, dengan disertakan denah (gambar) suatu daerah yang memiliki berbagai jenis tanah.

Adapun bahasan lebih lanjut dari soal nomor 27 tersebut sebagai berikut. Industri penyulingan minyak mentah berdasarkan penggolongan industri berdasarkan lokasi pabrik (unit usahanya) termasuk industri yang berorientasi pada tempat pengolahan (supply oriented industry). Artinya bahwa industri ini akan bisa berjalan dengan baik jika pabriknya didirikan dekat dengan ketersedian sarana transportasi dan komunikasi dan bukan termasuk industri yang berorientasi pada bahan mentah/bahan baku (raw material oriented industry). Contohnya: negara Singapura, Jepang, dan Hongkong (China) merupakan negara pengoloh (melakukan penyulingan) minyak mentah dari Indonesia, sedang negara-negara tersebut boleh dikatakan tidak mempunyai tambang minyak Bumi. Negara-negara tersebut cenderung mengandalkan adanya ketersediaan sarana transportasi dan komunikasi. Industri minyak Bumi akan dikategorikan berorientasi pada bahan baku jika industri yang dimaksud merupakan industri yang aktifitasnya melakukan pengambilan/penambangan minyak tersebut dari dalam Bumi. Dengan demikian industri penyulingan minyak mentah lokasi pabrik/industrinya tidak terpengaruh oleh daerah yang netral, dekat daerah surplus tenaga kerja, ataupun konsumen. Kesimpulannya, soal tersebut di atas jawabannya adalah B.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar