Powered By Blogger

Sabtu, 06 Maret 2010

Strike River (menjawab pertanyaan pak Wijiono--SMAN 1 mBantur)

Tulisan ini menjawab pertanyaan dari pak Wijiono, guru Geografi SMA Negeri 1 mBantur tentang soal Try Out Ujian Nasional Ke-2 Tahun Pembelajaran 2009/2010 SMA Kabupaten Malang matapelajaran Geografi nomor 19. Isi soal nomor tersebut selengkapnya:
Sungai yang arah alirannya mengikuti arah formasi daerah (strike river) tertera pada gambar di bawah ini nomor.....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Soal tersebut di atas berbasis pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) 2. Menganalisis dinamika unsur-unsur geosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia; Kemampuan yang diuji: Menganalisis fenomena yang terjadi pada hidrosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia; Materi Pembelajaran: Hidrosfer, Submateri: Perairan darat--sungai; Kegiatan Pembelajaran: Mengamati ciri-ciri sungai menurut profil memanjang dari berbagai literatur.

Merujuk hal tersebut, maka untuk mengupas soal nomor 19 harus mendasarkan tipe-tipe sungai menurut asal kejadiannya (genesis) daerah dan formasi batuan di bawahnya. Tipe ini sering pula disebut dengan tipe sungai menurut profil memanjangnya. Berdasarkan tipe ini sungai dibedakan menjadi 5 (lima) macam, yaitu:
1. Sungai konsekuen
Sungai konsekuen adalah sungai yang arah alirannya mengikuti lereng asli/lereng awal yang ada di permukaan Bumi seperti dome, blockmontain, atau dataran yang baru terangkat. Sungai konsekuen pada gambar di atas tertera pada nomor 1 (satu) dan 5 (lima).
2. Sungai subsekuen (strike river)
Sungai subsekuen adalah sungai yang arah alirannya mengikuti arah formasi daerah/strike batuan (garis patahan). Sungai ini biasanya berupa anak sungai yang bermuara ke sungai induk, yakni sungai konsekuen. Sungai subsekuen pada gambar di atas tertera pada nomor 3 (tiga).
3. Sungai obsekuen
Sungai obsekuen adalah sungai yang arah alirannya berlawanan dengan sungai konsekuen. Sungai ini biasanya berupa anak sungai yang bergabung dengan sungai subsekuen. Sungai obsekuen pada gambar di atas tertera pada nomor 2 (dua).
4. Sungai resekuen
Sungai resekuen adalah sungai yang alirannya searah dengan sungai konsekuen atau mengalir mengikuti arah kemiringan batuan, tetapi sungai ini sebagai cabang dari sungai subsekuen. Sungai resekuen pada gambar di atas tertera pada gambar nomor 4 (empat).
5. Sungai insekuen
Sungai insekuen adalah sungai yang arah alirannya tidak menentu dan tidak mengikuti genesis daerah atau tidak mengikuti litologi dan struktur geologi yang ada. Sungai ini biasanya membentuk pola aliran dendritik. Sungai insekuen pada gambar di atas tidak tertera.
Dengan demikian jawaban yang benar untuk nomor 19 tersebut adalah C.

Sumber:
1. Nianto Mulyo Bambang & Suhandini Purwadi. 2007. Kompetensi Dasar Geografi Jilid 1. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
2. Samadi. 2007. Geografi Jilid 1. Ciawi--Bogor: Yudhistira.
3. Wardiyatmoko K. & Bintarto H.R. 2003. Geografi SMU Jilid 1. Ciracas--Jakarta: Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar