Powered By Blogger

Senin, 24 Mei 2010

PENGEMBANGAN BAHAN UJIAN DAN ANALISIS HASIL UJIAN BERSETA CONTOH-CONTOH SOAL

Soal Uraian adalah soal yang jawabannya menuntut peserta tes untuk mengorganisasikan gagasan atau hal-hal yang telah dipelajarinya dengan cara mengemukakan gagasan tsb dalam bentuk tulisan.


Kaidah Penulisan Soal Uraian:

1. Soal sesuai dengan indikator

2. Batasan pertanyaan dan jawaban yang diharapkan sudah sesuai

3. Materi yang ditanyakan sesuai dengan tujuan pengukuran

4. Isi materi yang ditanyakan sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas

5. Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian

6. Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal

7. Ada pedoman penskorannya

8. Tabel, gambar, grafik, peta, atau yang sejenisnya disajikan dengan jelas dan terbaca

9. Rumusan kalimat soal komunikatif

10. Butir soal menggunakan bahasa Indonesia yang baku

11. Tidak menggunakan kata/ungkapan yang menimbulkan penafsiran ganda atau salah pengertian

12. Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu

13. Rumusan soal tidak mengandung kata/ungkapan yang dapat menyinggung perasaan siswa.


Contoh soal kurang baik:

Di manakah letak kelenjar pankreas? (IPA)


Contoh soal lebih baik:

a. Di manakah letak pankreas?

b. Tuliskan dan jelaskan enzim yang dihasilkan pankreas!

c. Di manakah enzim-enzim itu aktif?


Kaidah Penulisan Soal Pilihan Ganda:

1. Soal harus sesuai dengan indikator

2. Pengecoh harus berfungsi

3. Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar

4. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas

5. Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi

6. Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan “Semua pilihan jawaban di atas salah/benar

7. Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan urutan besar kecilnya nilai

angka atau kronologis waktunya. Materi yang ditanyakan sesuai dengan tujuan pengukuran.

8. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna tidak pasti seperti:

sebaiknya, umumnya, kadang-kadang. Artinya, bahwa dalam merumuskan pokok soal jangan

menggunakan kata atau ungkapan seperti sebaiknya, umumnya,kadang-kadang, atau kata yang tidak pasti

karena makna kata-kata itu tergantung pada keadaan dan situasi siswa yang bersangkutan.

9. dst.


Itulah penggalan dari materi "Pengembangan Bahan Ujian dan Analisis Hasil Ujian Besertaa Contoh-contoh soal". Analisis soal yang diketengahkan dalam materi ini menggunakan dua cara, yaitu dengan menggunakan kalkulator dan dengan menggunakan program "ITEMAN".


Materi yang dibuat oleh Departemen Pendidikan Nasional ini saya peroleh ketika peluncuran KTSP 2006 pada Diklat MGMP Geografi SMA Se-Jawa Timur di P3G (kini: P4TK) Malang tahun 2006. Jika Anda penasaran, silahkan mengunduhnya dengan meng-klik:


Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar