Powered By Blogger

Senin, 27 September 2010

RANCANGAN PENILAIAN HASIL BELAJAR

"HAKIKAT PENILAIAN

Penilaian merupakan rangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.

Penilaian (assessment)
.
Penilaian adalah proses sistematis meliputi pengumpulan informasi (angka, deskripsi verbal), analisis, dan interpretasi informasi untuk membuat keputusan.
. Penilaian menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar peserta didik.
. Hasil penilaian dapat berupa nilai kualitatif (pernyataan naratif atau kata-kata) dan nilai kuantitatif (berupa angka).


PRINSIP PENILAIAN
. Sahih (valid)
. Obyektif
. Adil
. Terpadu
. Terbuka
. Menyeluruh dan berkesinambungan
. Sistematis
. Menggunakan acuan kriteria
. Akuntabel"

Demikian penggalan dari materi 'Rancangan Hasil Belajar' yang merupakan materi pelatihan KTSP 2009 dari Departemen Pendidikan Nasional yang juga disertakan dalam pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, dikembangkan oleh Balitbang Kemendiknas tahun 2010. Materi ini melengkapi posting-an terdahulu yang berjudul Penilaian. Isi selengkapnya dapat diunduh dengan meng-klik:

Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar