Powered By Blogger

Rabu, 20 April 2011

HAFF

Posting ini berkaitan dengan pertanyaan seorang teman tentang tanda (X) yang tertera pada gambar soal nomor 23 Uji Coba (Try Out) Ujian Nasional Ke-3 SMA Kabupaten Malang Tahun 2010/2011. Isi soal tersebut selengkapnya sebagai berikut:
Tanda (X) pada gambar di bawah ini adalah.....

A. haff
B. nehrung
C. tombolo
D. delta
E. muara

Untuk menjawab pertanyaan di atas, kita perlu mengerti tentang konsep yang tertera pada masing-masing pilihan jawaban, mulai dari A sampai E. Adapun penjelasannya sebagai berikut:
A. Haff adalah danau berair payau atau asin di daerah pantai/pesisir yang terbentuk lantaran perairan pantai/pesisir terhalang oleh gosong (endapan pasir) yang berbentuk memanjang. Sedangkan menurut Moh. Ma'mur Tanudidjaja dan Omi Kartawidjaja (1986:305) adalah "lagun yang terbentuk di muara sungai yang dihalangi oleh spit (nehrung). Memang nama lain dari haff ini adalah laguna/lagun (lagoon). Menurut M.A. Marbun (1982:88) "laguna adalah air (laut) dangkal, kadang-kadang luasnya beberapa mil, sering merupakan teluk atau danau, terletak di antara pulau penghalang dengan pantai. Air laut di dalam atol disebut juga laguna".
B. Nehrung menurut Moh. Ma'mur Tanudidjaja dan Omi Kartawidjaja (1986:304) bahwa nehrung merupakan sebutan lain untuk spit yang ada di pantai laut Baltik.
Adapun pengertian dari spit atau pacak atau nehrung itu sendiri menurut M.A. Marbun (1982:137) adalah "sejenis gosong (sandbar) yang biasanya terdapat di muara sungai berbentuk estuarium ataupun di teluk, tetapi bentuknya yang khusus ialah bahwa salah satu ujungnya bersambung dengat daratan. Sedangkan menurut Nur Hasan Akhwan (tanpa tahun:83) bahwa spit merupakan bentuk pengendapan yang memanjang terdapat di teluk dan salah satu ujungnya bersambung dengan daratan.
C. Tombolo adalah gosong (endapan pasir) yang memanjang, menghubungkan daratan (pulau utama) dengan pulau kecil di seberangnya.
D. Delta adalah bentuk endapan di muara sungai yang berbentuk etuarium (corong). Material endapan ini disebut delta karena bentuknya mirip huruf delta pada abjad Yunani.
E. Muara adalah tempat pertemuan antara air sungai dengan air laut.

Dengan penjelasan di atas maka jawabannya adalah: A (haff).

Sumber:
- Akhwan, Nur Hasan. Tanpa Tahun. Geografi Xb, Lembar Kerja dan Tugas Siswa. Surabaya: Bintang Karya.
- Marbun, M.A. 1982. Kamus Geografi. Jakarta Timur: Ghalia Indonesia.
- Ma'mur Tanudidjaja, Moh. dan Kartawidjaja, Omi. 1986. Penuntun Pelajaran Geografi. Bandung: Ganeca Exact.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar