Powered By Blogger

Rabu, 27 April 2011

KUPU-KUPU HITAM

Bermula dari Probolinggo, hingga akhirnya menyebar ke berbagai daerah di pulau Jawa dan Bali. Bahkan juga sampai ke Jakarta. Itulah fenomena ulat bulu yang akhir-akhir ini terjadi. Jumlah ulat bulu yang luar biasa banyak ini memang merisaukan. Ada seorang pakar yang mengatakan bahwa fenomena itu lantaran musim penghujan yang berkepanjangang hingga ulat-ulat itu tidak sempat merubah diri menjadi kepompong. Pendapat lain mengatakan bahwa ulat bulu yang ada di Bali adalah sejenis ulat sutera emas.

'nuansa masel' kali ini tidak akan membahas tentang ulat bulu tersebut di atas, namun lebih pada makhluk hidup yang sudah berada pada wujud terakhir dalam rangkaian siklus hidup bermetamorfose, yakni menjadi kupu-kupu. Makhluk hidup yang kemudian termasuk serangga ini sangat disenangi manusia, berbeda sekali ketika masih jadi ulat. Klasifikasi ilmiah menurut Wikipedia Ensiklopedia Bebas bahwa kupu-kupu termasuk kerajaan animalia, divisi rhopalocera, filum arthropoda, kelas insekta, ordo lepidoptera. Masih menurut Wikipedia, lepidoptera berasal dari kata lepis yang berarti sisik dan pteron yang berarti sayap. Dengan demikian lepidoptera berarti serangga bersayap sisik. Kupu-kupu termasuk binatang yang aktif pada siang hari (diumal).

Kupu-kupu hitam dengan ujung berwarna kebiruan metalik ini saya potret dengan kamera saku pinjaman merk Sony tipe DSC-W 150 di belakang rumah, ketika asyik minum air genangan dengan jarak sekitar 4,5m dari obyek. Penulis hanya sempat memotret sekali dari arah belakang obyek. Ketika penulis bergerak untuk memotret dari arah depan, kupu-kupu tersebut buru-buru terbang dengan tidak sampai menuntaskan minumnya. Mungkin kupu-kupu tersebut tahu gerakan penulis. Penulis sedikit kecewa karena hanya memperoleh satu rekaman gambar kupu-kupu yang menurut penulis termasuk langka ini. Jarang sekali penulis menemukan kupu-kupu dengan warna seperti itu, walau menurut Wikipedia ada 600 spesies kupu-kupu di pulau Jawa dan Bali. Penulis mencoba mencari hal-hal yang berkaitan dengan kupu-kupu hitam ini di google dan Wikipedia. Walau belum sepenuhnya saya mencari, ternyata yang saya temukan hanya kupu-kupu hitam dengan totol putih. Penulis tidak menemukan seperti gambar di atas. Ataukah kupu-kupu tersebut merupakan jenis atau varietas baru?

Penulis juga menyesal sebelum mem-posting-kannya. Penyesalan itu disebabkan oleh tindakan penulis sendiri untuk memotong bagian tepi gambar tersebut. Semula penulis beranggapan bahwa bagian tepi itu tidak penting dan mengganggu, karena obyeknya terlihat kecil dibanding hal-hal yang ada di sekelilingnya. Tetapi ternyata hal itu salah.

Walau bagaimanapun juga, obyek ini tetap penting mengingat kupu-kupu merupakan bagian dari lapisan kehidupan di muka Bumi yang sering disebut biosfer. Dalam kehidupan sehari-hari, kupu-kupu berfungsi membantu proses penyerbukan ketika kupu-kupu tersebut mencari madu atau nektar yang ada pada bunga untuk dijadikan makanannya.

Sumber:
Wikipedia Ensiklopedia Bebas. Kupu-kupu. http://id.wikipedia.org/wiki/Kupu-kupu_dan_ngengat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar