Powered By Blogger

Kamis, 14 Juli 2011

BUNGA LIAR (3)

Satu lagi kekayaan alam hayati Indonesia. Tumbuhan ini disebut saja dengan bunga liar (3) karena tak diketahui persis namanya. Tumbuhan ini semacam tumbuhan pacar yang termasuk tumbuhan semak. Tingginya sekitar 35cm. Bunganya memerah seperti nampak pada gambar. Bunganya kemudian menghasilkan buah yang bijinya mudah tumbuh di berbagai tempat. Dia bisa hidup di tempat terbukan dan di bawah rerimbunam pepohonan atau tumbuhan lain. Namun demikian tumbuhan tersebut akan berkembang baik bila berada di tempat yang naung. Tempat hidupnya di dataran rendah maupun di daerah ketinggian.

Dalam kelas-kelas vegetasi berdasarkan biosfernya, tumbuhan tersebut tergolong dalam biocycle daratan pada biochore hutan. Sedang menurut klasifikasi tumbuhan menurut kebutuhan airnya, termasuk mesosfit. Jadi termasuk kelompok tumbuhan yang membutuhkan dari dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Walaupun bunganya merah menarik, namun jarang orang meliriknya untuk dipelihara sebagai tanaman hias. Kemanfaatannyapun tidak diketahui pasti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar