Powered By Blogger

Kamis, 28 Juli 2011

TELAAH SOAL UJIAN NASIONAL GEOGRAFI TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011

Mulai Tahun Pembelajaran 2010/2011 yang baru lalu, soal Ujian Nasional (UN) yang diberikan kepada peserta sebanyak lima paket pilihan. Sebelumnya hanya ada dua macam paket soal. Lima macam paket soal itu berlaku untuk seluruh matapelajaran yang diujian-nasionalkan, baik untuk program Bahasa, IPA, maupun IPS. Salah satu matapelajaran untuk program IPS adalah Geografi.

Sebenarnya hanya ada dua paket soal yang relatif berbeda. Selebihnya soal itu hanya diacak persebarannya. Soal yang pada suatu paket berada pada nomor satu, misalnya kemudian dipindah menjadi nomor lain di paket soal kedua, dan seterusnya. Bahkan ada beberapa soal yang nomor urut soalnya sama pada beberapa paket soal. Dugaan sebelumnya lima macam paket soal itu benar-benar berbeda sama sekali. Ternyata tidak. Dua kelompok paket soal yang sama itu antara lain, sebut saja kelompok paket satu meliputi paket 12, 25, dan 39. Sedang kelompok paket kedua meliputi paket 46 dan 54. Paket-paket soal itu merupakan paket soal UN utama.

Telaah soal yang dimaksud adalah telaah soal pilihan ganda mengingat soal-soal yang diberikan dalam UN adalah soal pilihan ganda dengan lima pilihan dengan jumlah soal sebanyak 50butir. Di antara paket-paket soal UN tersebut yang dipilih sebagai sampel untuk ditelaah adalah paket 25. Ada tiga aspek utama yang ditelaah. Aspek-aspek itu meliputi aspek materi soal, aspek konstruksi soal, dan aspek bahasa. Untuk lebih jelasnya dapat dicermati dengan mengklik:

Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar