Powered By Blogger

Minggu, 03 Juli 2011

PRODUK KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA SASTRA JEPANG UB

Inilah produk-produk kelompok kewirausahaan mahasiswa Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) Malang angkatan 2008. Produk-produk yang murni dikerjakan dengan tangan (hand made) ini meliputi: gantungan kunci, bros, jepit rambut, sarung atau pelindung flashdisk, sarung atau pelindung modem, kalung, pigura, karet rambut, boneka, gantungan handphone, boneka asesoris pensil, bando, dan lain-lain. Semuanya bernuansa Jepang dengan harga yang relatif terjangkau. Harga dipatok mulai dari Rp 2.000,- sampai yang tertinggi Rp 25.000,- Perbedaan harga itu dipengaruhi oleh keadaan bahan, tingkat kerumitan, dan ukurang barang yang dihasilkan.

Kegiatan yang dilakukan di sela-sela sibuknya waktu perkuliahan ini, bermula dari proposal kewirausahaan yang diajukan oleh kelompok mahasiswa yang beranggotakan lima orang. Pengajuan proposal pertama gagal di tingkat fakultas. Kelompok mahasiswa tersebut tidak patah semangat. Tahun berikutnya mengajukan lagi. Kali ini mereka gagal di tingkat universitas. Baru kemudian di tahun ke tiga mereka lolos dan disetujui hingga memperoleh dana dari Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti). Dana yang disetujui sebesar Rp 5.200.000,- dari Rp 6.200.000,- yang diusulkan dalam proposal mereka. Dari dana yang diperoleh itu, kemudian mereka belanja bahan baku untuk memulai produksi. Hasil produksinya dipasarkan langsung dan dititipkan di toko-toko atau koperasi sekolah yang ada pelajaran Bahasa Jepangnya.

Di samping itu mereka juga aktif melakukan atau mengikuti pameran, baik yang diadakan di kampus maupun di luar kampus. Mereka aktif juga berpameran di sebuah mal di Kota Malang, di sekolah-sekolah, dan beberapa acara yang lain. Mereka juga melayani pesanan untuk sovenir pengantin, dan bentuk-bentuk pesanan lainnya, baik untuk wilayah Malang maupun luar wilayah Malang. Mereka siap mengirim sesuai permintaan. Hanya karena produk ini dikerjakan dengan tangan, bukan mesin, maka pemesan diharapkan bisa menetapkan waktu jauh-jauh hari sebelum produk-produk tersebut dimanfaatkan pada saat yang ditetapkan. Untuk pemesanan dapat berhubungan melalui nomor handphone: 08159355511atau 081334410772. Bisa juga melalui facebook: Kafepang Sadjep. Jika Anda berminat, berarti Anda telah berpartisipasi untuk menumbuhkan kreatifitas mereka, di samping juga membantu mereka untuk memperoleh income yang tentunya dapat meringankan biaya kuliah mereka.

2 komentar: