Powered By Blogger

Selasa, 02 Februari 2010

Lima Negara Penghasil Geothermal Terbanyak

Geothermal berasal dari kata Geo yang artinya Bumi dan therm atau thermal artinya panas. Lantaran itu geothermal sering pula disebut dengan panas Bumi. Geothermal ini selalu berkaitan dengan gunung berapi. Adanya geothermal ini terbentuk lantaran adanya gejala posvulkanismus, yaitu gejala-gejala akan matinya suatu gunung berapi. Panas magma yang ada pada suatu gunung api naik dan menerobos celah hingga sampai permukaan Bumi. Berdasarkan bagian atau bentuk yang dapat dimanfaatkan, geothermal termasuk sumberdaya alam energi.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumberdaya alam ini, mengingat Indonesia merupakan wilayah pertemuan dua jalur pegunungan muda dunia, yakni sirkum Mediterania dan sirkum Pasifik. Rangkaian gunung berapi itu membentang mulai pulau Sumatra, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Timor, kepulauan Banda, hingga kepulauan Sula dan Banggai yang termasuk busur Sunda--Banda, bagian dari sirkum Mediterania. Di samping itu ditemukan pula rangkaian pegunungan pada busur Indonesia Utara dan busur Irian--Australia yang merupakan bagian dari sirkum Pasifik. Gunung-gunung berapi pada busur dan sirkum tersebut banyak ditemukan di pulau Sulawesi dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, kepulauan Maluku bagian utara, serta wilayah Papua bagian utara.

Geothermal dalam jumlah relatif besar di antaranya ditemukan di pegunungan Dieng (Jawa Tengah), gunung Arjuna dan kawah Ijen (Jawa Timur). Bahkan di pegunungan Dieng, sumberdaya alam ini telah dimanfaatkan untuk Pembangkit ListrikTenaga Panas Bumi (PLTPB) yang sering pula disebut Pembangkit Listrik Tenaga Geothermal (PLTG).

Menurut NHK World ada lima negara penghasil geothermal terbanyak di dunia. Negara-negara tersebut adalah:
1. Indonesia
2. Amerika Serikat
3. Jepang
4. Philipina
5. Meksiko

Sedangkan lima negara pemanfaat geothermal terbesar dunia adalah:
1. Amerika Serikat
2. Jepang
3. Philipina
4. Meksiko
5. Indonesia

Sumber:
NHK World. 26 September 2009. Power From Undergroud. Tokyo:--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar