Powered By Blogger

Kamis, 23 Juni 2011

PENAMBANGAN PIROPILIT

"nuansa masel" bersama MGMP Geografi SMA Kabupaten Malang yang bekerjasama dengan Program Studi Geofisika Jurusan Fisika FMIPA Universitas Brawijaya (UB) Malang melaksanakan MGMP Lapangan berkaitan dengan Lithosfer seisinya (sumberdaya mineral dan bahan galian) di Kecamatan Sumbermanjing Kabupaten Malang. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa, 21 Juni 2011. Oleh Ketua Jurusan Fisika, Drs. Adi Susilo, M.Si, Ph.D. dan Ketua Program Studi Geofisika, Dr. Sunaryo, S.Si., M.Si., kami dibawa berkunjung ke lokasi penambangan piropilit. Penambangan piropilit tersebut berada di sebuah perbukitan yang secara global termasuk satu rangkaian dari pegunungan kapur di selatan Jawa. Pegunungan Kidul namanya. Titik penambangan tersebut yang berupa perbukitan tersebut berada di tepi barat Desa Argotirto yang berketinggian 462m di atas permukaan laut dengan luas puluhan hektar. Walaupun demikian, lokasi penambangan itu dari kejauhan hanya nampak sebagai singkapan kecil di atas puncak rangkaian perbukitan.

Untuk menuju lokasi tersebut, kami harus melalui jalan tanah sedikit berbatu dan bergelombang yang menanjak serta menurun curam dengan kelokan-kelokan tajam. Di sebelah jalan terdapat sungai yang berlembah terjal. Sungguh jalan penuh tantangan yang beresiko. Tantangan itu semakin bertambah ketika dalam menempu perjalanan tersebut berpapasan dengan puluhan truk pengangkut bijih piropilit. Kita harus pandai menempatkan kendaraan ketika berpapasan dengan truk bermuatan berat tersebut. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, kita wajib membunyikan klakson pada titik rawan. Utamanya di sekitar tikungan. Kita harus mengalah dan menghentikan kendaraan pada posisi yang tepat agar truk-truk bermuatan berat tersebut dapat melaju dengan bebas. Sesampainya di lokasi penambangan, kita juga harus pandai menempatkan kendaraan di titik aman.

Piropilit--Al2Si4O10(OH)2 merupakan mineral grup silikat. Biasanya mineral ini ditemukan dalam formasi andesit tua (http://www.tekmira.esdm.go.id). Namun ternyata untuk piropilit yang satu ini ditemukan di daerah yang berformasi gamping. Aneka warna piropilit ditemukan di tempat ini. Piropilit di lokasi penambangan tersebut berwarna putih, kuning pucat, dan coklat kemerahan. Bahkan ditemukan pula warna coklat keputihan. Menurut Ketua Program Studi (Prodi) Geofisika, Sunaryo bahwa piropilit yang baik adalah piropilit yang berwarna putih keabu-abuan dengan kilap mutiara di permukaan belahannya. Di samping piropilit sebagai dominasi utamanya, di antara pecahan-pecahan mineral yang ada di lokasi penambangan tersebut, ditemukan pula pecahan semacam kalkopirit berkadar rendah.

Lahan penambangan dengan luas puluhan hektar tersebut cukup ditangani oleh seorang operator alat berat yang bertugas membongkar dan menghancurkan perbukitan kaya mineral ekonomis tersebut. Dengan alat berat itu pula, mineral ekonomis tersebut dinaikkan di atas truk yang kemudian diangkut menuju gudang di Turen sebelum dikirim keluar daerah. (Isi selengkapnya tentang pirolusit ini dapat dilihat pada posting sebelumnya dengan judul "Piropilit--Al2Si4O10(OH)2").

Tidak ada komentar:

Posting Komentar