Powered By Blogger

Minggu, 11 April 2010

LAPAR LAHAN

Ya, gambar ini diambil dua tahun yang lalu, ketika di Indonesia pada umumnya masih di penghujung musim kemarau. Lahan-lahan pertanian yang tak memperoleh pengairan teknis dibiarkan kosong. Terlebih seperti lahan yang tertera pada gambar ini. Lahan yang sebenarnya bukan untuk usaha pertanian, apalagi untuk tanaman semusim. Keadaan sekarang tak jauh beda dengan yang ada gambar tersebut. Bedanya, mengingat sekarang masih musim penghujan, walau sudah di penghujung, lahan itu ada tanamannya.

Secara teoritis kelas kemampuan lahan tersebut berada pada kelas VIII. Karakteristik dari lahan kelas VIII ini bertopografi lereng sangat curam dengan kemiringan lereng 54%--90%, sifat lahan berbatu dan kemampuan menahan air sangat rendah, sehingga resiko ancamannya terjadi erosi sangat kuat. Mengingat hal tersebut maka sebenarnya lahan ini tidak cocok untuk usaha pertanian. Apalagi dengan usaha pertanian semusim. Seharusnya lahan tersebut untuk hutan lindung/cagar alam dan hutan lindung.

Mengapa lahan tersebut beralih fungsi? Hal itu terjadi karena kepemilikan lahan pertanian yang terbatas. Bahkan di antara petani yang ada hanyalah sebagai petani penggarap, atau bahkan hanya sebagai buruh tani saja. Mereka terpaksa melakukan itu karena keterbatasan ekonomi saja. Menurut suatu informasi bahwa rata-rata petani di pulau Jawa hanya memiliki lahan pertanian seluas seperempat hektar. Bagaimana solusinya? Agar lingkungan menjadi baik, tanah tidak tererosi, kualitas tanah menjadi baik, dan tata air (suplai air) di daerah tersebut dapat terjaga, namun di sisi lain petani dapat memperoleh penghasilan; bagaimana kalau lahan tersebut dihutankan dan di sela-selanya ditanami tanaman tumpangsari. Atau dijadikan lahan perkebunan, misalnya kakao dan di antaranya juga ditanami dengan tanaman semusim?

Sumber:
1. Nianto Mulyo, Bambang & Suhandini, Purwadi. 2004 & 2007. Kompetensi Dasar Geografi
Jilid 1.
Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
2. http://bebasbanjir2025.wordpress.com. Kelas Kemampuan Lahan.
3. http://125.163.204-22/e_book/modul_online/geografi. Kelas Kemampuan Lahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar