Powered By Blogger

Senin, 15 Agustus 2011

ARCH TANAH LOT

Arch adalah bentukan hasil abrasi tingkat lanjut dari gua-gua pantai, berupa saling terhubungnya sisi gua yang satu dengan sisi gua lainnya, sehingga membentuk lorong gua dengan dua gerbang. Panjang lorong gua ini sangat bervariasi. Hal ini dipengaruhi oleh jarak kedua gua yang saling bertemu, tingkat kekuatan abrasi, dan tingkat kekuatan batuan penyusun klif terhadap gerusan ombak.

Gambar yang tertera pada posting ini juga diambil di Tanah Lot, Bali, seperti pada posting sebelumnya. Memang letak arch ini bersebelahan dengan gua pantai tersebut. Posisi arch ini sejajar dengan garis pantai yang ada. Jarak arch ini terhadap garis pantai ketika terjadi pasang surut sekitar 150m. Lebar gerbang arch sekitar 7m, sedang lebar bagian dalam lebih dari itu. Mungkin sekitar 15m, dengan tinggi sekitar 5m. Dasar arch juga merupakan jalur keluar dan masuknya gelombang yang sekaligus sebagai tempat penimbunan material hasil abrasi. Material hasil abrasi yang terakumulasi di sepanjang dasar arch tersebut berupa lumpur bercampur pasir halus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar