Powered By Blogger

Minggu, 07 Agustus 2011

ASPEK SOSIAL DARI GUNUNG BERAPI (2)

Pengantar:
Tulisan yang tertera dalam posting ini merupakan terjemahan dari buku karya R.W. Van Bemmelen, seorang tokoh yang berjasa besar dalam Geologi dan Geomorfologi, juga Geografi di Indonesia. Judul bukunya "The Geology Of Indonesia Vol. 1A General Geology Of Indonesia and Adjacent Archipelagoes", halaman 223 pada Social Aspect. Penterjemahan ini menggunakan bing translator dengan sedikit penyesuaian. Usaha penterjemahan ini dilakukan agar siswa SMA khususnya, dapat mengenali lingkungan mereka, Indonesia yang memang banyak memiliki gunung berapi. Sedang foto yang tertera pada posting ini adalah bagian dari rangkaian kompleks gunung berapi Wilis--Liman--nDwarawati dilihat dari sisi utara, yakni Kota Nganjuk. Semoga bermanfaat.

Terjemahan tersebut sebagai berikut:
Ini adalah sangat penting bahwa dalam banyak kasus siklus letusan tidak langsung datang tiba-tiba dengan perkembangan kekuatan penuh mereka. Fase pertanda tentang terjadinya letusan, berlangsung beberapa jam sampai berbulan-bulan, umumnya mendahului fase utama, cukup waktu untuk langkah-langkah pencegahan meninggalkan sektor-sektor yang terancam.

Ini sangat menarik untuk membatasi pesan evakuasi ke daerah kecil dan hanya untuk waktu pendek, untuk mencegah kekacauan terlalu banyak kondisi ekonomi lokal. Oleh karena itu, diperlukan untuk memiliki pengetahuan yang tepat dari topografi sekitarnya dan sistem drainase gunung berapi, dan pengetahuan rinci karakter sebelumnya aktivitas gunung berapi yang bersangkutan. Pengamat gunung berapi yang terlatih diperlukan untuk pekerjaan ini.

Selama letusan Merapi (Jawa Tengah) pada tahun 1930 wilayah evakuasi terlalu dibatasi, karena tidak melihat sebelumnya bahwa seluruh puncak itu akan meluncur turun, menambahkan banyak jutaan ton dari puing-puing letusan yang berupa ladu. Setelah itu sistem penjagaan Merapi sepenuhnya direorganisasi oleh survei vulkanologi.

Dari 30 Mei 1942 sampai akhir 1943 gunung ini melewati siklus letusan, yang berlangsung selama lebih dari setahun. Setelah fase kedepan dari 10 bulan siklus mencapai utama- atau fase gas pada akhir Maret 1943. Penduduk sektor Batang Atas tidak mau dievakuasi, kemudian dipaksa oleh polisi lapangan untuk dievakuasi pada tanggal 1 April 1943. Fase utama berlangsung sampai malam dari 11-12 April, memproduksi "awan panas" yang memang menyerang sektor yang dikosongkan. Setelah hanya tiga minggu evakuasi, penduduk bisa kembali ke tempat tinggal mereka dan memperbaiki kerusakannya.

Dalam banyak kasus lain petugas vulkanologi telah sebaliknya bertugas: tidak melakukan evakuasi, tapi hanya memberikan penenangan kepada yang panik, dan nasihat kepada penduduk, yang telah melarikan diri, diminta untuk kembali ke pekerjaan mereka. Pencegahan atau pembatasan dari tindakan-tindakan mahal evakuasi yang diambil oleh pihak berwenang setempat sering mengakibatkan penghematan dalam jumlah besar. Akan ekonomis jika menganggarkan biaya untuk Survei Vulkanologi permanen dengan staf yang berpengalaman.

Lahar dingin.
Hasil tidak langsung dari aktivitas vulkanik adalah ancaman yang disebabkan oleh akumulasi dari puing-puing lepas dan abu di lereng gunung berapi. Hujan dapat menyebabkan lumpur atau lahar dingin, membanjiri dataran dataran rendah di kaki gunung berapi, dan menyebabkan banyak kerusakan. Begitu banjir lahar seperti itu terjadi yang diharapkan sistem peringatan khusus diatur.

Di Merapi, sebuah pluviometer listrik segera berdering dalam pos Babadan pada setiap curah hujan sebesar 5 mm. Secara empiris telah ditentukan bahwa setelah tujuh puluh mm hujan dalam 35menit, lahar mungkin turun jika lereng ditutupi dengan abu vulkanik baru dan puing-puing batuan. Selain itu, getaran seismik khas yang terekam seismometer WIECHERT (80 kg massa) sering menunjukkan permulaan pergerakan lahar. Kemudian lewat telepon diberikan peringatan untuk stasiun kereta api dan otoritas sipil di kaki gunung yang kemungkinan akan dilalui lahar. Selain itu, selama periode berbahaya orang-orang Indonesia akan menyebarkan tanda bahaya dengan kentongan secara temporer sepanjang tebing sungai terkena aliran lumpur (lahar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar