Powered By Blogger

Minggu, 14 Agustus 2011

GUA PANTAI DI TANAH LOT

Inilah bentuk gua pantai yang terbentuk di dasar pantai klif di Tanah Lot, Bali. Abrasi yang sangat kuat dan terus menerus dari gelombang lautan selatan (samuderan Indonesia/Hindia) ketika pasang naik pada dasar klif menghasilkan bentukan yang berupa gua-gua pantai. Batuan induk penyusun pantai klif itu adalah batuan yang bersifat vulkanik. Batuan penyusun itu umumnya berasal dari batuan beku luar, baik yang berupa eflata otogen maupun eflata alogen. Material vulkanik tersusun bertumpuk-tumpuk hingga tersementasi dan mengalami pemadatan. Walaupun demikian batuan kokoh tegak berdiri itu pun akhirnya sedikit-demi sedikit tergerus hingga membentuk lubang di bagian bawah klif. Lubang itulah yang kemudian disebut dengan gua-gua pantai.

Gua-gua pantai ini tidak jarang sebagai tempat berlindung biota-biota laut seperti ular laut dan kepiting. Biasanya ular-ular laut dan kepiting tersebut masuk gua tersebut bersamaan dengan terjadinya pasang naik yang kemudian masuk pada lorong gua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar